RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP MODEL WEBBED
Nama Sekolah :
Bidang Studi : IPS, IPA dan PKn
Kelas/Semester : I/I
Alokasi waktu : 4 x 35 Menit
A. Tahap Perencanaan
Standar Kolmpetensi :
IPA :
·
Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan perubahan bentuk benda
IPS :
·
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
PKn
·
Membiasakan hidup tertib di rumah dan di sekolah.
Matematika
·
Menggunakan pengukuran waktu dan panjang..
Kompetensi dasar :
IPA :
· Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya.
· Mengidentifikasikan kegunaan
benda di lingkungan sekitar.
IPS :
· Menunjukkan sikap hidup rukun
dalam kemajemukan keluarga.
PKn :
·
Melaksanakan tata tertib di rumah
dan di sekolah
Matematika
·
Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan waktu
Indikator
a.
Menngidentifikasi
hidup rukun dan tidak rukun
b.
Merawat tanaman
atau hewan peliharaan
c.
Menyebutkan
beberapa contoh tata tertib yang ada di rumah dan di sekolah
d.
Mengukur panjang
suatu benda dengan satuan tak baku
Tujuan pembelajaran
a.
Siswa mampu mengidentifikasi hidup rukun
dan tidak rukun
b.
Siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis tanaman dan
hewan peliharaan yang ada di rumah
c.
Siswa mampu menidentifikasi
contoh tata tertib yang ada di rumah dan
di sekolah
d.
Siswa mampu mengukur suatu benda
dengan menggunakan satuan tak baku
Model Jaring Laba-Laba
1. Alat Bantu
Media gambar jenis-jenis tanaman
atau hewan peliharaan.
Media gambar contoh-contoh
hidup rukun dan tidak rukun.
Media gambar jenis-jenis benda yang ada disekitar sekolah.
Media gambar
contoh-contoh tata tertib yang ada di rumah dan di sekolah
2. Langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Guru
menawarkan tema kepada siswa untuk dipelajari.
b. Guru mengajak
siswa menentukan subtema melalui curah pendapat.
c. Guru
mengelompokkan siswa sesuai dengan minat belajarnya
d. Masing-masing
kelompok membuat kontrak belajar, yang berisikan tentang.
Kelompok I: Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun
1) Menunjuk ketua kelompok.
2) Siswa mengamati media gambar
3) Melakukan kegiatan membaca di perpustakaan
4) Siswa mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
5) Siswa menyusun laporan.
6) Siswa menyampaikan hasil
laporannya dengan cara demonstrasi.
Kelompok
II: menyebutkan jenis-jenis tanaman atau hewan peliharaan di lingkungan sekitar.
1) Siswa menunjuk ketua
kelompok.
2) Siswa mengamati ke lingkungan sekitar
3) Setelah melakukan
pengamatan, siswa mencatat jenis-jenis tanaman atau hewan
peliharaan yang ada di lingkungan sekitar.
4) Kemudian siswa menyususn laporan dan mempresentasikan hasil laporan.
Kelompok III: menyebutkan
jenis-jenis benda
yang dapat di ukur dengan satuan tak baku
yang ada dilingkunan sekitar
1) Siswa menunjuk ketua
kelompok.
2) Siswa melakukan percobaan untuk mengetahui jenis-jensi benda yang dapat diukur
dengan alat ukur tak baku.
3) Setelah melakukan percobaan siswa membuat laporan hasil
diskusi.
4) Siswa menyampaikan hasil
laporan melalui presentasi.
Kelompok IV: menyebutkan
jenis-jenis benda
yang dapat di ukur dengan satuan tak baku
yang ada dilingkunan sekitar
1) Siswa menunjuk ketua
kelompok.
2) Siswa melakukan kegiatan wawancara kepada kepala sekolah, ataupun narasumber
lain untuk mengetahui contoh-contoh tata tertib yang ada di rumah dan di sekolah.
3) Setelah melakukan wawancara siswa membuat laporan hasil diskusi.
4) Siswa menyampaikan hasil
laporan melalui presentasi.
e. Kelompok belajar melakukan sharing atas
kontrak belajar yang telah dibuat dengan kelompok lain.
B. Tahap
Pelaksanaan
1. Pengelolaan kelas
a)
Guru menjelaskan tema dan subtema yang akan dibahas.
b)
Siswa dibagi menjadi menjadi 4 kelompok.
c)
Masing-masing kelompok duduk berdasarkan anggota kelompoknya.
d)
Masing-masing kelompok berdiskusi untuk menentukan subtema yang akan
dibahas.
2
Pelaksanaan
a)
Siswa mengerjakan LKS berdasarkan sub tema yang dipilih bersama-sama
dengan kelompoknya masing-masing.
b)
Guru mempersilahkan siswa bersama-sama anggota kelompok mencari dan
mengumpulkan informasi melalui berbagai sumber yang ada disekolah untuk
memudahkan di dalam mengerjakan LKS.
c)
Masing-masing kelompok membuat laporan hasil diskusi berupa karangan
deskriptif.
C. Tahap Kulminasi
- Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.
- Kelompok lain menyimak dan mempelajari hasil diskusi yang sedang dipresentasikan.
- Evaluasi Proses
Kognitif
No.
|
Nama Siswa
|
Indikator
|
Skor Total
|
|||||||
Banyak contoh yang disebutkan
|
Ketepatan menjawab pertanyaan
|
|
||||||||
5
|
4
|
3
|
2
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
nilai = (skor total/skor maksimal) x 100
Rubrik Penilaian
Contoh yang disebutkan
5
= mampu memberikan lebih dari 5 contoh
4
= mampu memberikan 4 contoh
3
= mampu memberikan 3 contoh
2
= mampu memberikan 2 contoh atau kurang.
Ketepatan menjawab
pertanyaan
5
= bisa menjawab 3 atau lebih pertanyaan
4
= bisa menjawab 2 pertanyaan
3
= bisa menjawab 1 pertanyaan
2
= tidak bisa menjawab pertanyaan
Ranah Psikomotor
No.
|
Nama Siswa
|
Indikator
|
Skor Total
|
|||||||
Kemampuan membuat laporan hasil
diskusi
|
Kemampuan menyampaikan pendapat
|
|
||||||||
5
|
4
|
3
|
2
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
nilai = (skor total/skor maksimal) x 100
Rubrik
Penilaian
Kemampuan
membuat laporan hasil diskusi
5 = isi lengkap, bahasa yang digunakan baik dan
sistematis.
4 = salah satu indikator kurang baik.
3 = terdapat dua indikator yang kurang baik
2 = terdapat 3 indikator yang kurang baik.
Kemampuan
menyampaikan pendapat
5 = tidak grogi, menggunakan bahasa santun, pendapat yang disampaikan logis.
4 = salah satu indikator kurang baik.
3 = terdapat dua indikator yang kurang baik
2 = terdapat 3 indikator yang kurang baik.
Ranah Afektif
No.
|
Nama Siswa
|
Indikator
|
Skor Total
|
|||||||
Antusiasme mengikuti keg.
pembelajaran
|
Sikap saat berdiskusi
|
|
||||||||
5
|
4
|
3
|
2
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
nilai = (skor total/skor maksimal) x 100
Rubrik Penilaian
Antusiasme mengikuti kegiatan pembelajaran
5 = aktif
saat diskusi, bertanya apabila tidak mengerti, dan sungguh-sungguh
memperhatikan penjelasan guru atau presentasi dari kelompok lain.
4 = salah
satu indikator kurang baik.
3 = terdapat
dua indikator yang kurang baik
2 = terdapat
3 indikator yang kurang baik.
Sikap saat berdiskusi
5 = aktif memberikan pendapat,
sungguh-sungguh membuat laporan, sungguh-sungguh saat presentasi
4 = salah
satu indikator kurang baik.
3 = terdapat
dua indikator yang kurang baik
2 = terdapat
3 indikator yang kurang baik.
1.
Evaluasi Hasil
a.
Individu
Soal
1.
Sebutkan 3 contoh hidup rukun dan
tidak rukun yang
ada dilingkungan sekitar kita!
2.
Sebutkan 3 contoh jenis tanaman yang ada dilingkungan
kita!
3.
Sebutkan 3 contoh tata terteib di
rumah dan di sekolah!
4.
Sebutkan 3 contoh
benda yang dapat diukur dengan menggunakan satuan tak baku!
Penilaian
No Soal
|
Skor
|
Deskripsi
|
|
1
|
20
|
Jika benar 1 contoh mendapat nilai 10,
|
|
2
|
20
|
Jika benar 1 contoh mendapat nilai 10,
|
|
3
|
20
|
Jika benar 1 contoh mendapat nilai 10,
|
|
4
|
20
|
Jika benar 1 contoh mendapat nilai 10,
|
|
Total skor
|
100
|
|
|
nilai = (skor total/skor maksimal) x 100
b.
Kelompok
No.
|
Kelompok
|
Indikator
|
Skor Total
|
|||||||||||
Kerjasama tim
|
Kualitas hasil laporan
|
Sikap, penampilan etika selama presentasi
|
||||||||||||
5
|
4
|
3
|
2
|
5
|
4
|
3
|
2
|
5
|
4
|
3
|
2
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
nilai = (skor total/skor maksimal) x 100
Rubrik
Penilaian
Kerjasama
Tim
5 = jika semua anggota bekerjasama menyelesaiakan
tugas.
4 = terdapat salah seorang anggota yang kurang bisa bekerjasama
dengan baik
3= terdapat dua orang anggota yang kurang bisa
bekerjasama dengan baik
2 = terdapat 3 orang atau lebih anggota yang kurang
bisa bekerjasama dengan baik.
Kualitas
Hasil Laporan
5 = isi lengkap, bahasa yang digunakan baik dan sistematis.
4 = salah satu indikator kurang baik.
3 = terdapat dua indikator yang kurang baik
2 = terdapat 3 indikator yang kurang baik.
Sikap,
penampilan dan etika saat presentasi.
5 = tidak grogi, menggunakan bahasa santun, keseriusan saat mempresentasikan laporan.
4 = salah satu indikator kurang baik.
3 = terdapat dua indikator yang kurang baik
2 = terdapat 3 indikator yang kurang baik.
Mengetahui :
Kepala Sekolah
NIP
|
|
Singaraja,
Guru Mata Pelajaran
NIP
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Nama anggota :
Kelompok :
Diskusikan dengan teman kelompok!
1.
Kelompok yang memilih mengidentifikasi
hidup rukun dan tidak rukun.
a.
Lengkapilah bagan yang disediakan oleh guru, dan apakah tujuan dari hidup
rukun?
b.
Isilah tabel dibawah ini.
No
|
Tempat
|
Bentuk Perlakuan
|
Tujuannya
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
8
|
|
|
|
9
|
|
|
|
10
|
|
|
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Nama anggota :
Kelompok :
Diskusikan dengan teman kelompok!
2.
Kelompok yang memilih merawat tanaman
atau hewan peliharaan
a.
Isilah tabel dibawah ini.
No
|
Nama tanaman atau
hewan
|
Deskripsi
|
Tujuan
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
8
|
|
|
|
9
|
|
|
|
10
|
|
|
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Nama anggota :
Kelompok :
Diskusikan dengan teman kelompok!
3.
Kelompok yang memilih beberapa contoh
tata tertib di rumah dan di sekolah.
a.
Isilah tabel dibawah ini
No
|
Contoh tata Tertib
|
Tempat
|
Deskripsi
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
8
|
|
|
|
9
|
|
|
|
10
|
|
|
|
LEMBAR KERJA SISWA
(LKS)
Nama anggota :
Kelompok :
Diskusikan dengan teman kelompok!
4.
Kelompok yang memilih mengukur suatu
benda dengan satuan tak baku.
a.
Isilah tabel dibawah ini
No
|
Nama Benda
|
Satuan
|
Panjang
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
8
|
|
|
|
9
|
|
|
|
10
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar